Kamis, 09 Mei 2013

10 Cara tingkatkanpikiranpositif



Pikiranpositiftakhanyamemilikidampakbaikuntuk mood dankeadaanpsikologisseseorang, tetapijugabagikesehatan.Namunselaluberpikiranpositiftentutakbisadilakukansemua orang.Terkadangadasajaalasanuntukmerasapesimis, cemas, khawatir.
Huffington Post (09/12) memberikanbeberapa tips untukselalubisaberpikiranpositifsetiaphari.
1. Bersyukur
Janganberfokuspadaapa yang tidakAndamiliki. Cobalahuntukmengingathal-halbaik yang menjadimilikAnda, ingatlahsemuahalbaik yang pernahterjadipadaAnda.Bersyukuratashidupdanmenghargaiapa yang Andamilikiadalahperaturanpertamauntukselaluberpikirpositif.
2. Pilihteman-teman yang suportif
Terkadang, pikirannegatifjugabisamenular. Untukitu, jangantempatkandiriAnda di tengahparapengeluh.Lebihbaik, pilihteman-teman yang selalumemberikandukungan, bersemangat, danberpikirpositifsetiaphari.Cepatataulambat, AndaakanmerasakanenergimerekamempengaruhisemangatAnda.
3. Hilangkan drama
Punyateman yang 'beracun' atauselalumembuathidupAndapenuh drama? Tinggalkanmerekasegera.Beradaterusbersamamerekabisamembuatpikirannegatifmenempelterus-meneruspadaAnda.
4. Ambiltanggungjawab
Ingat, Andamemangtakbisamengendalikanapa yang akanterjadi. NamunAndaselalubisamengendalikanpikiran, perasaan, dantindakanAndasendiri.Jadi, ketikaadahalburuk yang terjadi, katakanpadadiriAnda: "Akubertanggungjawabpadaperasaandanpikiranku, danakumemutuskanuntukmerasabahagiadantegar."
5. Ubah 'tidakbisa' menjadi 'bisa'
Inimungkinmembutuhkanlatihan, namunjelasbisaberhasiljikaAndatekunmenerapkannya. CobalahuntukmengubahstrukturkalimatAnda, yang negatifmenjadipositif.Misalkan: "Kenapapekerjaankuberantakan?" menjadi "Hasilkerjaku kali inimemangtidakmemuaskan. Tapiselanjutnyaakupastibisalebihbaik."Jikaterusditerapkan, halinibisamengubahpersepsiAnda.
6. Berbuatbaik
Berbuatbaikpada orang lainbisamembawadampakbesarbagiAnda. Ingatketikamembantu orang lainmemberikan rasa bahagiadanpuas? PerasaanitubisamembuatAndamerasalebihpositif.
7. Lihatsisibaiknya
SetiapsituasiselalumemilikiduasisijikaAndabisamenemukannya. Untukitu, cobalahcarisisipositifpadasetiapsituasi.LebihfokuspadasisipositifsesuatuakanmemberikankekuatanbesarpadadiriAndauntukmengubahkeadaan.
8. Istirahat
Setiap orang perluistirahatdanmenenangkandirisesekali.Istirahatbisasajaberartimemelankanlangkahketikaberjalan, merenungsejenaktentangapa yang sudahAndalakukan, sertamenyegarkanpikirandari rasa khawatirdancemas.
9. Tentukantujuan
MenjadikaptenbagidiridankeinginanAndasendiriadalahsuatukeharusan. Janganmauterombang-ambingolehpendapat orang lainmengenaidiriAnda. Putuskanapa yang inginAndalakukan. TetapkanstandarmilikAndasendiri.Mengikutijalan yang Andaputuskansendiriakanmemberikan rasa percayadiri yang tinggi.
10. Tertawa
Apapun yang terjadi, janganlupauntukmenyempatkandiritertawa.Tertawalahpada humor, film lucu, padalelucon yang dibuatsaudaraatauanakAnda.TertawalahpadadiriAndasendiri.TawamampumeredakanstresdanmengingatkandiriAndauntuktidakterlaluseriusketikaadamasalah.

Menerapkan 10 cara di atassecaratekunakanmenjadikanAnda orang yang selaluberpikiranpositif, bahagia, danpenuhsyukur.

10 komentar: