Kamis, 09 Mei 2013

7 CARA BELAJAR YANG EFEKTIF DAN EFISIEN




1.     BuatSuasanaBelajar yang Nyaman
Yang perluandalakukanpertamaadalahbagaimanacaramembangunsuasanabelajar yang nyaman. Ada banyakcarauntukmembuat mood belajaritumuncul, diantara :andabisabelajarsambilmendengarkan music, belajar di tempat-tempat yang nyamanmisalnya di tamanataudipinggirdanau, ataudiruanganber-AC
 2.     MerangkumPokokPembelajaran
Yah, mencatatpokok-pokokpembelajaran.Kenapa?Karenajikaandamembaca 1 bukumakaakanbutuhwaktu yang sangat lama untukmenyelesaikan. Ambilahintisaridaripelajartersebut.Kalau yang seringsayalakukansih, mencatatulangmaterinya, disampingkitaakanmudahmengingatnyajugamudahuntukmemahamiintidaripembelajarantersebut
 3.     BelajarBersama
Metodeiniseringkali di katakanmetodeyg paling efektifkarenadalamsuasanabelajarberkelompok yang cukupsantaiotakmenjadilebihrileksmenerimapelajaran / materiygakan di serap. Selainituhal - halygbelum di ketahuiakanlebihmudah di selesaikandenganbekerjasama. Makasangatdianjurkanuntukbelajarbersamauntukmenghadapiujian.
 4.     Metodemempersingkatataumemodifikasimenyerupainamasesuatu
Metodeini yang paling seringsayagunakansaatmenjelangujian.karenasayatidakterlalubisadalammenghafal, jadisayateknikidenganmenggunakannama-nama yang hampirmiripuntukmengingatmateri. Inisangatefektifdigunakandanotaksangatmudahmengingatnya.
 5.     BelajardenganPraktik
Pastiudahtahusemua dong samaini, belajarsambilpraktekadalahhal yang sangatefektif. Yah, Cara belajarinijugaakanmembuatAndatakmerasabosan, bisamenyebabkanjenuh, cobaindehuntukmelakukannyapraktiklangsung. Misalnyapelajaran IPA sepertiBotaniatauAvertebrata, kitabisabelajarsambilmengamatitumbuh-tumbuhan, hewanatauapapun, denganitukitabisamembuatsebuahacarabelajarjadilebihasyik.
 6.     Belajarrutintapijangan lama
Denganrutinbelajarandaakansemakinmudahuntukmengingathal yang sudahAndapelajari. yangperluandalakukanadalah "belajarrutin" bukan "Terlalu lama belajar". Sepertibelajarsaatpagi 45 menit, siang 25 menit, sore 50 menit, malam 1 jam. Cara inisangatefetifdanpikiranjugaakantetapdalamkeadaanrileksdaripadaharusbelajarterlalu lama.

 7.     MengertiBukanMenghafal
Yah, halyg paling seringdilakukanolehsiswaatapunmahasiswaketikainginmenghadapiujianadalahmenghafal.Sebenarnyatidaksalahcumankurangefektif.Untuklebihefektifnyaadalahmengertiteorinyamakadengansendiriakankitaingatketikaujian. Kalauandamasihdalammetodebelajardenganmenghafal, sangatdisarankanuntukpindahkemetodemengertimateri.

10 komentar: