Kamis, 09 Mei 2013

Tips sederhana menghilangkan stres dan menenangkan pikiran dalam hidup Anda.





1. Mengidentifikasisumberstres
Pertama-tama, cobalahuntukmencaritahuapa yang paling membuatandamerasatertekan. Kadang-kadangsumber-sumberluarsepertilingkungankerja, bebanpikiranterlalubanyakataumasalahpasangandankeluarga yang jadisebabutama
ataujangan-jangansumbernyapikiranAndasendiri, kekhawatiran, emositidakstabilbisamemicukondiisistres

2.Belajarlahuntukberkatatidakdalamkehidupan
Sangatsulitrasanyauntukmengatakan 'tidak' dalamkehidupanpribadiatauprofesionalkarenaAndaberpikirbahwadenganmenolak, orang lain pastiakanmerasajengkel. Bersikaptegas ,FokuspadatujuanAndasendiridanberanimengatakantidakkepadamerekajustrumemberikanAndaketenangan, initentumencegahAndaterbawapikiranstresdaripadaterpaksaberkataIyasementaraandatakmampumenuanikannya, ujung-ujungyadapatmenyebabkanstres.

3. MenganalisisjadwalwaktuAnda
JikaAndamerasaterbebanidenganbanyaktanggungjawab, cobalahuntukmenganalisa, mengaturdanmemprioritaskantugas-tugasAndadenganmembuatdaftar yang harusdilakukandanmenyorotitugas-tugas yang paling pentingdanharussegeradilakukan.Kemudian, membagi slot waktusesuaidenganprioritastugas.Jikabeberapatugasterlalubesaruntukdilakukanpadasatuwaktu, bagilahtugasdalamkelompok-kelompokkecil.Janganmembebanidirisendiridancobauntukmenemukanwaktuuntukbersantaisejenak.banyak yang bilangbahwamanajemenwaktuadalahkuncikeberhasilandanjikaAndamengaturwaktudenganbaik, makaAndamerasalebihfokusdanenergikdanstresakanjauhdarianda.

4. Janganmenekanpikirandanemosi
Bilaperilakuseseorang yang mengganggumembuatAndastres.Berbicarasopandengannyadanceritakantentanghalitu.Kuasailahpikirandanemosi, jangansampaiamarahmembuatkeadaanmenjaditanbahrumit.

5. Berikanwaktuuntukdirisendiri
Cobalahuntukbersantai .Menghabiskanbeberapawaktudengankeluarga  Anda, membacabukuataumenonton film favorit,  bermainolahragafavorittiap sore ataumenikmatikeindahanalambersamateman , akan  benar-benarmenenangkanpikiranAndadanmelepaskansemuaketegangandanpikiranstres.

6. Bergauldengan orang-orang positif
Menghabiskanbeberapawaktudengan orang-orang positif, setidaknyamemperkuat mental andauntukbertahanmenghadapistres.sangatdianjurkanbagiandabertukarpikirandanmembagikeluhkesahpada orang yang selalubersikappositif.

7. Polamakan yang sehatdanseimbang
Faktanyaketika orang-orang dilandastres, merekamulailebihseringmakan junk food,  meningkatkanasupantehatau kopi. Semuainijustrumenyebabkankondisitraumatik yang parah.Seseorangharusselalumemiliki menu harian yang sehatdanseimbanglengkapdengan komponennutrisi yang cukup. makananorganikdantermasuksayuranberdaunhijaumaupunbuah-buahanmemilikianti-oksidandan vitamin C  membantumenurunkanhormonstres . Hindarialkohol, merokok, teh, kopi danminumanringan.tambahMeningkatkanasupankarbohidratsepertigandum, berasmerahataugandumutuhkarenamerekamembantudalammerangsangpelepasanbahankimia serotonin yang membantumenenangkanpikiran.

Musiksebagaiterapi
MusikbekerjasepertisihiruntukmenenangkanpikiranAndadanmemberikanefekrileksdarisemuaketegangandanstres.JadimendengarkanmusikfavoritAndaataumemainkangitaratau piano ketikaAndamerasastressangatlahbaikuntukdicoba.

Tetapaktifdanberolahragasetidaknya 30 menitsehari
Ketikakitaberolahraga, paru-parumengembangdanmendapatkanbanyakoksigen yang meningkatkansirkulasidarahdalamtubuhkitadanmembantudalammengurangitingkatstres.Olahragajugamembantuuntukmembiasakantidurteratur.Hal inimeningkatkanendorfinbahankimiaotak yang membuatandamerasatenangdanjugamelemaskanotot-ototAnda.Andadapatmelakukanlatihanringanseperti
berjalan, berenangatauaerobikuntukmengalahkanstres.

Cukuptidur
Tidurselama minimal 6 sampai 8 jam setiapharikarenameremajakantubuhkitadanmembuatnyasiapuntukhariberikutnya.Jikakitatidakmendapatkancukuptidur, tubuhkitatetaplelah, tidakmemilikienergi yang cukupuntukberkonsentrasidanbekerjadenganbaik yang selanjutnyamengarahkestres.

Tertawa
Dikatakanbahwatertawaadalahobat yang baik.JikaAndamemiliki rasa humor yang baik, Andakurangrentanterhadapstres, depresidankecemasan. JikaAndamenghadapibeberapafasesulitdalamhidup, jangankehilangansenyum di wajahAndadanhadapilahsebagaiseorangpejuang yang tidakpernahmengutuktakdir.

Bermeditasi
Meditasiadalahobatstresberat.Ketikakitaberlatihmeditasi, energi total daripikirankitaberkonsentrasipadasatu kata, atausuaraatausimbol. IniakanmenenangkanpikiranAnda, memberikanrelaksasi,meningkatkanfokus mental dankonsentrasi. Meditasimelepaskansemuapikirannegatif, ketakutan, dankecemasan.

Pernapasanperut
Secaraumum, manusiabernapasdari dada bagianatas  yangberartikitamengambilnapasdangkal. Ketikakitastres, makanapaskitamenjadidangkal yang berartikurangnyaoksigendalamtubuh.Sedangkanpernapasanperuttidakhanyamelibatkanparu-parutetapijugaperutataudiafragma.Inimemberikanlebihbanyakoksigendalamdarahdanmembantuotakuntukmembuatgelombangpanjangdanlambat yang menenangkanpikiranAndadanmembantudalammengurangitingkatstres.

Yoga
Yogacukupmumpuniuntukmelawandepresi, stresdankecemasan, meningkatkansirkulasidarahdankonsentrasidanmembuatsistemkekebalantubuh yang kuat. Yoga melibatkansemua organ pentingdalamtubuhAndadanmelepaskansemuaracun .TetapijikaAndamelakukangerakan yang salah, adakemungkinanuntukcedera.Jadidisarankanuntukmengambilbeberapasesi yoga di bawahasuhanseorang guru yoga.

Pijat
Pijatdenganjarijugamembantuuntukmelepaskanketegangandanstres.Ketikatitik-titiktertentu  ditekan, adasensasisakitringan.  Ada banyaktitik-titiktekananpadatubuhkita.Teknikmemijatdirisendiriberikutbolehdicobasendiri:
  • TutupmataAndatekandenganujungjari  titikantarakeduaalismata  
  • TempatkansatutanganAnda di bahulainnya  dantekanotot-otot di bahudalamgerakanmelingkarselama 5 sampai 10 kali. lalu  ulangidenganbahulainnya. 
Mandilahdengan air hangatdicampurrempah-rempah
Terapimandijugabermanfaatdalamrelaksasipikirandantubuhdanmengurangitingkatstres.Andajugadapatmeletakkanminyakaroma  atau herbal dalambakmandisepertikelopakmawaratau lemon setengah jam sebelummandi, ramuaninimemilikiefekmenenangkandanmembuatAndasantaisertameremajakantubuhAnda.

Stresdapatdikeloladenganmengontroldanmenyeimbangkanpikirandanemosi, denganmengadopsisikappositifterhadapkehidupandandenganmengubahcaraAnda
mengatasistres.

12 komentar:

  1. mau tuh...
    yar q terhindar dari stres

    BalasHapus
  2. makasih tipsnya semoga bisa dijalankan dengan baik dan benar. hehe

    BalasHapus
  3. Stres perlu untuk olahraga jantung dan melancarkan darah..katanya

    BalasHapus
  4. hmm perlu dipraktekkan tuh...

    BalasHapus
  5. coba nanti tak terapkan... thanks y...

    BalasHapus
  6. makasih tipsnya smoga bisa bermanfaat untuk kita, amin.......

    BalasHapus
  7. good ,, perlu di praktekan tuh..

    BalasHapus
  8. saya stres ketika saya belum ketemu pacar saya sedetik saja.,,..,.,

    BalasHapus
  9. kalo aku lagi Stes cukup makan coklat yang banyak. hehe

    BalasHapus
  10. Setress it kloo ad tgas 1 blum kelarr, udah nmbahh lgi tgas'y ....
    Mummetiiiii -_-

    BalasHapus